Pemprov Riau akan terus menguatkan indentitas kemelayuan. Salah satunya dengan penggunaan tulisan Arab Melayu pada papan nama setiap pejabat, termasuk Gubri M Rusli Zainal.

Gubernur Riau HM Rusli Zainal akan memakai papan nama yang bertuliskan Arab Melayu di dadanya. Pemakaian perdana papan nama tersebut akan dilakukan Rusli Zainal pada peringatan HUT RI ke-64 di halaman kantor Gubernur Riau, Senin (17/8) mendatang.

“Papan nama ini secara resmi akan dipakai pak gubernur pada peringatan HUT RI ke-64 mendatang,” ujar Kepala Biro Humas Setdaprov Riau, Zulkarnain Kadir, di kantornya, Rabu (12/8).

Dijelaskan Zulkarnain, pemakaian papan nama ini salah satu upaya untuk mendukung Visi Riau 2020. “Selama ini ‘kan hanya nama jalan dan papan nama instansi yang ada tulisan arab melayunya. Sekarang, tulisan arab melayu ini kita kembangkan sampai pada papan nama pegawai yang disematkan di dada para pegawai,” terang Zulkarnain lagi.

Selain itu, Zulkarnain mengharapkan kepada seluruh instansi pemerintah, baik di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau dan kabupaten/kota se-Riau juga menggunakan papan nama pegawai yang bertuliskan arab melayu ini.

“Kita mengharapkan seluruh instansi memakai papan nama bertuliskan arab melayu ini,” kata Zulkarnain. “Bahkan, kalau perlu, instansi swasta pun juga memakai papan nama karyawannya dengan menggunakan tulisan arab melayu ini,” tambahnya.

Sebagai gambaran, tulisan nama pada nama tersebut dibuat dua maca, yakni pada bagian atasnya memakai tulisan latin, sedangkan pada bagian bawahnya memakai tulisan arab melayu. (riauterkini)